Menentukkan Letak Benda (Hal. 5, 23, Dan 45)
Menentukkan Letak Benda. Salah satu Kompetensi Dasar Matematika pada tema Sehat itu Penting adalah mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat. dan menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan aneka macam lintasan, serta menentukan letak objek menurut arah mata angin.Untuk menentukan letak benda atau tempat mampu menggunakan arah mata angin, garis bujur dan lintang pada peta, dan juga menggunakan baris dan kolom.
Menentukan Letak Benda dengan Arah Mata Angin
(Halaman 5)
Arah mata angin terdiri atas arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut. Pada peta atau denah arah utara selalu berada di sebelah atas dan arah selatan berada di cuilan bawah.
kotak = 1 langkah
Berdasarkan gambar di atas, misalnya Siti berdiri di kotak merah. Ada pertanyaan sebagai berikut. “Ke mana Siti harus melangkah untuk menerima air minum di dalam galon yang berada di kelas 2?” Jawabannya adalah “Untuk menerima air minum di dalam galon yang berada di kelas 2, Siti harus melangkah ke timur sebanyak 6 langkah, kemudian ke utara sebanyak 1 langkah”.
(Halaman 23)
Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar 1°. Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar 1°. Garis bujur terbagi dua, adalah bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, adalah lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.
Menentukan Letak Benda dengan Arah Mata Angin
(Halaman 5)
Arah mata angin terdiri atas arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut. Pada peta atau denah arah utara selalu berada di sebelah atas dan arah selatan berada di cuilan bawah.
Kelas VI | |||||||
Klelas | |||||||
Kelas | |||||||
Kelas V | |||||||
Kelas IV | |||||||
Kelas III | Kelas II | ||||||
asd | Kelas xx | Kelas I | Kelas |
kotak = 1 langkah
Berdasarkan gambar di atas, misalnya Siti berdiri di kotak merah. Ada pertanyaan sebagai berikut. “Ke mana Siti harus melangkah untuk menerima air minum di dalam galon yang berada di kelas 2?” Jawabannya adalah “Untuk menerima air minum di dalam galon yang berada di kelas 2, Siti harus melangkah ke timur sebanyak 6 langkah, kemudian ke utara sebanyak 1 langkah”.
- Edo berdiri pada kotak yang berwarna merah. Ke arah mana Edo harus melangkah untuk menerima air minum di dalam galon yang berada di kelas V? Edo harus melangkah ke timur sebanyak 3 langkah, kemudian ke utara sebanyak 3 langkah.
- Ke arah mana Edo harus melangkah untuk menerima air minum yang berada di kelas I ? Edo harus melangkah ke timur sebanyak 4 langkah.
- Ke arah mana Edo harus melangkah untuk menerima air minum yang berada di kelas VI ? Edo harus melangkah ke timur sebanyak 5 langkah, kemudian ke utara sebanyak 6 lankah.
- Tentukan letak galon kelas II terhadap galon kelas III ! Galon kelas II terletak 4 langkah di sebelah timur galon kelas III.
- Tentukan letak galon kelas V terhadap galon kelas IV ! Galon kelas V terletak 3 langkah ke arah timur, kemudian 1 langkah ke arah utara dari galon kelas IV.
(Halaman 23)
Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar 1°. Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar 1°. Garis bujur terbagi dua, adalah bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, adalah lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.
Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas, kemudian tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur!
No. | Nama Tempat | Garis Bujur | Garis Lintang |
1. | Kebumen | 109° BT | 8°LS |
2. | Brebes | 108° BT | 7°LS |
3. | Cilacap | 108° BT | 8°LS |
4. | Blora | 111° BT | 8°LS |
5. | Rembang | 111° BT | 7°LS |
6. | Salatiga | 110° BT | 8°LS |
7. | Bajarnegara | 109° BT | 8°LS |
8. | Magelang | 110° BT | 8°LS |
9. | Klaten | 110° BT | 8°LS |
10. | Jepara | 110° BT | 7°LS |
Menentukan Letak Tempat Berdasarkan Baris dan Kolom
(Halaman 45)
Edo dan teman-temannya ingin hidup sehat. Mereka bersepakat untuk mengawali hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian. Mereka ingin alat-alat sekolah yang dimilikinya pun bersih dan ditempatkan secara rapi. Perhatikan letak benda-benda berikut. Benda-benda ini berada di lantai.
B a r i s | 6 | Kelas | ||||||
5 | Kelas | |||||||
4 | Kelas V | Kelas | ||||||
3 | Kelas IV | |||||||
2 | Kelas III | Kelas II sd | ||||||
1 | asd | Kelas xx | Kelas I | |||||
A | B | C | D | E | F | G | ||
Kolom |
- Pada lantai terdapat penghapus. Penghapus terletak pada kolom D dan baris 1. Letak penghapus mampu dituliskan (D, 1).
- Penggaris terletak pada kolom A dan baris 4 ditulis (A, 4).
- Tas terletak pada kolom C dan baris 5 ditulis (C, 5)
- Pensilterletak pada kolom Edan baris 6 ditulis (E, 6)
- Pensil warna terletak pada kolom E dan baris 4 ditulis (E, 4)
- Balpoint terletak pada kolom F dan baris 1 ditulis (F, 1)
- Buku terletak pada kolom G dan baris 3 ditulis (G, 3)
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Menentukkan Letak Benda (Hal. 5, 23, Dan 45)"