Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kata Baku Dan Tidak Baku Kiprah Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan(Halaman 164)




Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan



Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Sebagai negara yang telah merdeka, yaitu kiprah warga negaranya untuk melakukan kegiatan-kegiatan mengisi kemerdekaan sesuai dengan kiprah masing-masing.

Pelajar merupakan salah satu warga negara yang memiliki kiprah dan kiprah yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar merupakan penggalan dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan berguru dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Ya, generasi berkualitas pasti dibutuhkan untuk memajukan bangsa.

Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar sanggup dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang sangat berguna untuk mengasah rasa peduli dan cinta tanah air. Kegiatan-kegiatan mirip pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), menjadi duta seni, program olahraga, merupakan beberapa program yang berdampak baik bagi peningkatan kualitas diri pelajar. Dengan demikian pelajar terhindar dari program negatif yang sanggup menyebabkan duduk perkara dalam masyarakat, mirip tawuran antarpelajar atau terjerumus dalam tindakan kekerasan serta pelanggaran hukum lainnya.

Perjuangan pelajar sebagai generasi muda dikala ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa praktis mengalah yang sanggup merugikan masyarakat dan bangsa. Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.

---

Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.

Kosakata Baku
Arti
Kosakata Tidak Baku
Arti
Pelajar
Anak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan sekolah lanjutan); anak didik; murid; siswa;
-
-
Generasi
Masa orang-orang satu angkatan hidup: 
-
-
Kualitas
Derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu:
Kwalitas
-
Pramuka
Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam banyak sekali keterampilan, disiplin, iman pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya anggota organisasi pramuka
-
-
Kreatif
Memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan
-
-





Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Kata Baku Dan Tidak Baku Kiprah Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan(Halaman 164)"