Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Contoh Soal - Ipa
A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
Materi: Ciri-ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
Indikator:
Indikator:
Indikator:
Indikator:
B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
Materi: Bagian Tubuh Tumbuhan/Hewan dan Fungsinya
Indikator:
Indikator:
Indikator:
Indikator:
Materi: Benda
Indikator:
Materi: Gaya dan Gerak
Indikator:
Materi: Ciri-ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
Indikator:
- Mengidentifikasi ciri khusus tanaman yang hidup di lingkungan tertentu
- Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut.
- Menentukan dasar pengelompokan hewan
- Menggolongkan binatang berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel
Indikator:
- Mengidentifikasi rantai masakan pada ekosistem tertentu.
- Menentukan organisme yang mampu menduduki potongan pada rantai masakan yang tidak lengkap
- Menentukan kiprah organisme tertentu dalam suatu rantai masakan yang dijsaikan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai masakan punah atau berkembang pesat.
- Memberikan pola korelasi yang bersahabat antaramakhluk hidup (simbiosis)
- Menjelaskan alasan terjadinya korelasi antar makhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan citra pola yang diberikan.
Indikator:
- Menentukan cara perkembangbiakan tanaman tertentu yang disajikan dalam gambar.
- Memberikan pola tanaman yang mampu dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami
- Memberikan dua pola binatang yang berkembangbiak dengan cara tertentu.
- Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam bentuk tabel.
- Mengidentifikasi cara binatang tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
- Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
Indikator:
- Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan duduk kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah.
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
- Menjelaskan tamat dari program insan yang mampu menghipnotis keseimbangan lingkungan berdasarkan citra yang disajikan.
- Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir dan lain-lain.
B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
Materi: Bagian Tubuh Tumbuhan/Hewan dan Fungsinya
Indikator:
- Menjelaskan fungsi potongan tubuh tumbuhan/hewan.
- Menjelaskan manfaat potongan tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia
Indikator:
- Mengidentifikasi binatang yang mengalami daur hidup mirip tampak pada gambar/diagram
- Menentukan salah satu tahapan daur hidup binatang tertentu yang merugikan atau menguntungkan insan berdasarkan ilustrasi.
Indikator:
- Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
- Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
- Menjelaskan fungsi potongan rangka yang disajikan dalam gambar.
Indikator:
- Menjelaskan fungsi potongan telinga yang ditunjuk dalam gambar.
- Menjelaskan fungsi potongan yang ditunjuk pada gambar sistem pernafasan
- Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu.
- Menjelaskan fungsi organ pada manusia.
Materi: Benda
Indikator:
- Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya dalam tabel
- Menentukan pasangna yang tepat pada tabel pola program dan perubahan wujud benda yang terjadi.
- Menjelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
Materi: Gaya dan Gerak
Indikator:
- Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
- Menyebutkan pola program yang menunjukkn gaya mampu mengubah gerak, arah atau bentuk benda.
Materi: Energi dan Perubahannya
Indikator:
- Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
- Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
- Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
- Menentukan cara menghemat energi berdasarkan citra tentang kelangkaan energi.
Materi: Suhu dan Kalor
Indikator:
- Menjelaskan penerapan program yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
- Menyebutkan penggunaan benda berdasrakan sifat hantaran panas.
- Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
- Menyebutkan pola perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
Materi: Bunyi dan Cahaya
Indikator
- Menyebutkan benda-benda yang mampu menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
- Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
- Menentukan arah bayangan benda jikalau posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
- Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan citra suatu kegiata/gambar.
Listrik dan Magnet
- Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
- Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA
Materi: Sumber Daya Alam
Indikator:
- Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
- Menentukan beberapa sumber daya alam yang mampu diperbaharui atau tidak mampu diperbaharui.
- Menjelaskan efek pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan.
Materi: Daur Air
Indikator:
- Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
- Menjelaskan program manusiayang mampu menghipnotis daur air.
Materi: Sistem Tata Surya
Indikator:
- Menjelaskan tamat gerakan bumi/bulan terhadap matahari.
- Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
- Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
- Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
- Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi dan Hijriah.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Contoh Soal - Ipa"