Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Contoh Soal - Ipa

A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

Materi: Ciri-ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan

Indikator:
Materi: Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem

Indikator:
Materi: Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup

Indikator:
  • Menentukan cara perkembangbiakan tanaman tertentu yang disajikan dalam gambar.
  • Memberikan pola tanaman yang mampu dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami
  • Memberikan dua pola binatang yang berkembangbiak dengan cara tertentu.
  • Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam bentuk tabel.
  • Mengidentifikasi cara binatang tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
Materi: Pelestarian Lingkungan

Indikator:

B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP

Materi: Bagian Tubuh Tumbuhan/Hewan dan Fungsinya

Indikator:
  • Menjelaskan fungsi potongan tubuh tumbuhan/hewan.
  • Menjelaskan manfaat potongan tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia
Materi: Daur hidup beberapa hewan

Indikator:
Materi: Rangka Manusia

Indikator:
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi potongan rangka yang disajikan dalam gambar.
Materi: Sistem Organ pada Manusia

Indikator:
C. PENGOLAHAN DATA

Materi: Benda
Indikator:
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya dalam tabel
  • Menentukan pasangna yang tepat pada tabel pola program dan perubahan wujud benda yang terjadi.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
D. ENERGI DAN PERUBAHANNYA

Materi: Gaya dan Gerak
Indikator:
  • Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
  • Menyebutkan pola program yang menunjukkn gaya mampu mengubah gerak, arah atau bentuk benda.
Materi: Energi dan Perubahannya
Indikator:
  • Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
  • Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan citra tentang kelangkaan energi.
Materi: Suhu dan Kalor
Indikator:
  • Menjelaskan penerapan program yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasrakan sifat hantaran panas.
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
  • Menyebutkan pola perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
Materi: Bunyi dan Cahaya
Indikator
  • Menyebutkan benda-benda yang mampu menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
  • Menentukan arah bayangan benda jikalau posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan citra suatu kegiata/gambar.
Listrik dan Magnet
  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA
 
Materi: Sumber Daya Alam
Indikator:
  • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
  • Menentukan beberapa sumber daya alam yang mampu diperbaharui atau tidak mampu diperbaharui.
  • Menjelaskan efek pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan.
Materi: Daur Air
Indikator:
  • Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
  • Menjelaskan program manusiayang mampu menghipnotis daur air.
Materi: Sistem Tata Surya
Indikator:
  • Menjelaskan tamat gerakan bumi/bulan terhadap matahari.
  • Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
  • Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
  • Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
  • Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi dan Hijriah.
 
 

Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi Ujian Nasional Sd/Mi Dan Contoh Soal - Ipa"