Tema 5 - Ekosistem. Sub Tema 1 - Kompunen Ekosistem. Pembelajaran 1
Komponen Ekosistem
Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Hari ini kita akan belajar:
• Menyebutkan pokok pikiran pada teks nonfiksi yang disajikan.
• Membuat tabrakan pena perihal jenis kuliner hewan.
• Menjabarkan jenis kuliner hewan.
Perbedaan apa saja yang mampu kau jelaskan dari kedua gambar di atas?
Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut.
Udin sangat besar hati hari ini. Ia baru saja menerima kiriman hadiah dari bibinya di kota. Sebuah buku pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar ingin menunjukkannya kepada teman-temannya.
Udin : “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan kepada kalian.”
Lani : ”Apakah itu, Udin? Kelihatannya sesuatu hal yang menarik!”
Udin : ”Tentu saja! Aku memiliki sebuah buku pengetahuan bergambar!
Bibiku mengirimkannya untukku.”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini perihal berbagai jenis ekosistem di dunia! Di dalam buku ini,
ada berbagai jenis binatang khas yang hidup di tiap-tiap ekosistem!” Beni : ”Apakah ekosistem itu, Udin? Dapatkah kau menjelaskannya untuk
kami?”
Udin : “Menurut pendapatku, lebih baik kita baca saja buku ini bersama-sama!
Selain memuat gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan yang menarik perihal ekosistem.”
Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas cuilan yang hidup (biotik) dan cuilan tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari mampu menghangatkan udara, air, dan tanah biar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan cuilan penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Hari ini kita akan belajar:
• Menyebutkan pokok pikiran pada teks nonfiksi yang disajikan.
• Membuat tabrakan pena perihal jenis kuliner hewan.
• Menjabarkan jenis kuliner hewan.
Perbedaan apa saja yang mampu kau jelaskan dari kedua gambar di atas?
Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut.
Udin sangat besar hati hari ini. Ia baru saja menerima kiriman hadiah dari bibinya di kota. Sebuah buku pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar ingin menunjukkannya kepada teman-temannya.
Udin : “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan kepada kalian.”
Lani : ”Apakah itu, Udin? Kelihatannya sesuatu hal yang menarik!”
Udin : ”Tentu saja! Aku memiliki sebuah buku pengetahuan bergambar!
Bibiku mengirimkannya untukku.”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini perihal berbagai jenis ekosistem di dunia! Di dalam buku ini,
ada berbagai jenis binatang khas yang hidup di tiap-tiap ekosistem!” Beni : ”Apakah ekosistem itu, Udin? Dapatkah kau menjelaskannya untuk
kami?”
Udin : “Menurut pendapatku, lebih baik kita baca saja buku ini bersama-sama!
Selain memuat gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan yang menarik perihal ekosistem.”
Ekosistem
Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas cuilan yang hidup (biotik) dan cuilan tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari mampu menghangatkan udara, air, dan tanah biar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan cuilan penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu yaitu makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi yaitu kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas yaitu populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah
komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
(Sumber : Scott Foresman. Science. 2010)
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pikiran utama dari setiap paragraf beserta informasi yang kau anggap penting.
Tuliskanlah pikiran utama dan informasi penting tersebut di daerah yang
Paragraf | Pikiran Utama | 3. Informasi Penting | ||
Ia pun mulai melihat lingkungan di sekelilingnya. Ada banyak hal di dalam buku yang dibacanya, ada di sekitarnya. Benda hidup dan benda tak hidup, manusia, hewan, serta tumbuhan, semuanya saling berinteraksi di dalam ekosistem. Ia pun ingin tahu lebih dalam perihal dunia hewan. Bagaimana hewan-hewan di setiap ekosistem menerima makanannya?
Ayo Membaca
Seperti halnya manusia, binatang juga memerlukan kuliner untuk menerima energi. Akan tetapi, binatang memiliki jenis kuliner tertentu baik berupa tumbuhan maupun berupa binatang lainnya. Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini untuk mengetahui lebih banyak perihal jenis kuliner hewan.
Jenis Makanan Hewan
Jenis kuliner binatang dikelompokkan menjadi dua, yaitu kuliner yang berupa tumbuhan dan kuliner yang berupa binatang lain. Hewan yang memakan tumbuhan memilih bagian-bagian tumbuhan yang mampu dijadikan makanan. Ada binatang yang hanya memakan daun tumbuha. Ada pula binatang yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tumbuhan.
Namun, ada beberapa jenis binatang yang memakan lebih dari satu cuilan tumbuhan tersebut.
Bagian tumbuhan yang paling sering dijadikan kuliner binatang yaitu daun. Hewan ibarat ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa referensi binatang yang memakan daun. Sementara itu, beberapa binatang menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu binatang yang menyukai batang tumbuhan padi dan jagung. Sedangkan binatang panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tumbuhan berupa buah juga disukai hewan. Belatung senang memakan cuilan dalam buah dan ini seringkali merugikan para petani buah-buahan. Burung-burung menyukai cuilan tumbuhan yang berupa biji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai para tupai.
Beberapa binatang memakan binatang yang lebih kecil sebagai makanannya.
Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi binatang yang lebih besar. Serangga menjadi kuliner bagi hewan-hewan ibarat katak atau cecak. Tikus menjadi kuliner bagi kucing.
Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi kuliner bagi burung elang.
Sumber: BSE IPA 2010
Setelah kau membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan juga pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan.
Tuliskanlah pertanyaanmu di daerah yang tersedia di halaman berikut ini.
Ingatlah untuk selalu menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Simpanlah pertanyaanmu, hingga kau menemukan jawaban pertanyaanmu dari program berguru hari ini.
Ayo Mengamati
Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melakukan program berikut!
Alat-alat dan bahan yang diperlukan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas.
Langkah-langkah kegiatan:
1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar binatang yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
2. Dengan menggunakan penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut ibarat referensi berikut!
Gambar dan Nama Hewan
Nama atau Jenis Makanan
Golongan Makanan
(Tumbuhan/Hewan)
3. Letakkan gambar binatang yang sudah digunting kemudian rekatkan pada kolom pertama tabel dengan menggunakan lem. Tuliskanlah nama binatang di bawah gambarnya.
4. Tuliskanlah nama atau jenis kuliner yang dimakan oleh binatang tersebut di kolom tengah.
5. Tuliskanlah jenis kuliner tersebut, apakah termasuk tumbuhan atau binatang lain.
6. Tempelkanlah hasil pekerjaan kelompokmu di daerah yang simpel dilihat.
7. Lakukanlah gallery walk atau melihat hasil kerja kelompok bersama dengan kelompok-kelompok lain untuk melihat dan saling belajar.
8. Kembalilah ke kelompokmu, kemudian tuliskanlah kesimpulanmu perihal binatang dan jenis makanannya pada kotak di bawah ini.
Kesimpulanku:
Ayo Menulis
Kesimpulan apakah yang kau mampu dari program di atas? Tahukah kau mengapa binatang memiliki jenis kuliner yang berbeda-beda? Setiap binatang memiliki ciri khas yang juga memengaruhi jenis kuliner yang dimakannya.
Bacaan di atas merupakan bentuk teks nonfiksi. Teks nonfiksi yaitu teks yang berisikan hasil pengamatan, data-data, dan fakta serta bukan merupakan hasil imajinasi kita.
Buatlah sebuah teks nonfiksi yang terdiri atas tiga paragraf. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
1. Pilihlah dua binatang yang memiliki jenis kuliner yang berbeda. Satu binatang pemakan tumbuhan dan satu binatang pemakan binatang lain.
2. Tuliskanlah penjelasan perihal binatang tersebut termasuk habitat asli, jenis makanan, serta cara binatang tersebut menerima dan memakan makanannya.
3. Gunakanlah hasil pengamatan dan informasi penting yang telah kamu
dapatkan dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
4. Kamu juga mampu melengkapi tulisanmu dengan gambar binatang yang kamu
maksud.
5. Tuliskanlah penjelasan perihal kedua binatang tersebut pada selembar kertas
dengan tabrakan pena yang rapi.
Ayo Renungkan
Pengetahuan apakah yang telah kau pelajari hari ini?
Apakah pembelajaran yang menurutmu paling menarik? Mengapa demikian?
Sikap apakah yang harus kau kembangkan selama mengikuti kegiatan
pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Apakah keluargamu memiliki binatang piaraan di rumah? Jika kau tidak punya binatang piaraan, binatang apakah yang paling kau sukai? Ambillah foto binatang piaraanmu, kemudian tempelkan pada secarik kertas ukuran A4. Tuliskan nama
hewan, nama panggilan binatang dan artinya, kuliner kesukaan, dan kebiasaan binatang piaraanmu yang paling menarik dan kau sukai. Jika kau tidak punya binatang piaraan, kau mampu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang
hewan yang ingin kau miliki dan alasanmu ingin memiaranya.
Ceritakan perihal binatang piaraanmu di depan kelas esok hari.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Tema 5 - Ekosistem. Sub Tema 1 - Kompunen Ekosistem. Pembelajaran 1"