Merajut Semangat Kekeluargaan Dan Sebenarnya (Halaman 95)
Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
![]() |
Gotong Royong |
"Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bahwasanya sesama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua." Demikianlah belahan pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 untuk mengakibatkan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah program bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya sejak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga mampu dilihat sebagai mereka yang mempunyai hubungan darah dengan kita. Namun, perilaku kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki, turut merasakan penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan rujukan dari sekian banyak perilaku kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala.
Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi belahan dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua perilaku faktual ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara.
---
Contoh semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.
Melakukan Wawancara
Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah. Catatlah hasil wawancaramu pada tabel menyerupai rujukan berikut ini.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Merajut Semangat Kekeluargaan Dan Sebenarnya (Halaman 95)"