Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Pengertian Dan Komponen Rpp Kurikulum 2019

Hai sahabat operator sekolah, Sebenarnya RPP itu apa? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana program pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan program pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen apa saja yang ada di RPP ? berikut ini yakni Komponen RPP terdiri atas:
  1. Identitas sekolah yakni nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;        
  6. Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan matapelajaran;    
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
    • Kompetensi  Dasar;  merupakan  kemampuan  spesifik yang mencakup  sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
    • Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal: a). Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam KI-KD. b). Indikator dimulai dari tingkatan berpikir praktis ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke asing (bukan sebaliknya). c). Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan sanggup dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa. d) Indikator harus sanggup menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
  8. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat    diamati    dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;                
  9. Materi pembelajaran yakni rincian dari materi pokok yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan        ditulis    dalam    bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator    ketercapaian kompetensi;    
  10. Metode pembelajaran merupakan rincian dari program pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan    suasana  belajar    dan  proses  pembelajaran agar akseptor didik mencapai KD yang disesuaikan    dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;    
  11. Media, alat, dan, sumber pembelajaran    
    • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memperlihatkan materi pelajaran;
    • Alat pembelajaran yakni alat bantu pembelajaran; yakni alat bantu pembelajaran yang memudahkan memperlihatkan pengertian kepada siswa.
    • Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, mencakup:
    • Pertemuan pertama, berisi pendahuluan; program Inti, dan penutup.
    • Pertemuan kedua, berisi pendahuluan, program inti, dan penutup.
  13. Penilaian
    • Berisi jenis/teknik penilaian;
    • Bentuk instrumen
    • Pedoman perskoran

Setelah mengetahui beberapa komponen yang ada pada RPP Kurikulum 2019 di atas, maka sekarang kita akan melanjutkan ke pembahasan mengenai Prinsip-prinsip Penyusunan RPP.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Penjelasan Pengertian Dan Komponen Rpp Kurikulum 2019"