Penjelasan Program Pendahuluan, Inti, Penutup, Jenis Penilaian, Alokasiwaktu, Menentukan Sumber Berguru Pada Rpp Kurikulum 2019
Dalam penyusunan RPP Kurikulum 2019 masih ada kesamaan dengan RPP KTSP, di dalamnya masih terdapat beberapa program yang harus dituangkan, di antaranya ialah Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Penutup. Berikut ini penjelasan secara detail mengenai kegiatan-kegiatan tersebut :
Dalam program pendahuluan, guru:
Kegiatan inti dijabarkan lebih lanjut menjadi rincian dari kegiatan: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan termasuk di dalamnya program eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
1. Mengamati
Dalam program mengamati, guru memberi kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk membaca, mendengar, menyimak, melihat, merasa, meraba, dan membaui (tanpa atau dengan alat).
2. Menanya Dalam program menanya guru mendorong siswa untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, atau dibaca. Bagi siswa yang belum sanggup mengajukan pertanyaan guru membimbing biar siswa sanggup melakukannya secara mandiri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sanggup bersifat faktual, hipotetik yang terkait dengan hasil pengamatan terhadap objek konkrit hingga gila yang berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, dan generalisasi. Kegiatan mengajukan pertanyaan perlu dilakukan terus-menerus biar siswa terlatih dalam mengajukan pertanyaan sehingga rasa ingin tahu berkembang. Melalui program mengajukan pertanyaan siswa sanggup memperoleh informasi lebiih lanjut dari majemuk sumber, baik dari guru , anak maupun sumber lainnya.
Dalam program penutup, guru bersama siswa atau siswa sendiri:
Hal-hal lainnya yang diperhatikan dalam penyusunan RPP sebagai berikut.
1. Penjabaran Jenis Penilaian
Penilaian merupakan serangkaian program untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data perihal proses dan hasil berguru siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Guru melaksanakan penilaian pada setiap selesai pembelajaran. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut yang berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, agenda remedi bagi siswa yang pencapaian kompetensinya di bawah ketuntasan, dan agenda pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi ketuntasan.
2.Menentukan Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan. Oleh sebab ialah itu, alokasi tersebut dirinci dan diadaptasi lagi di RPP.
3.Menentukan Sumber Belajar
Sumber berguru ialah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk program pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Semua pembahasan mengenai Panduan Teknis Penyusunan RPP Kurikulum 2019 telah kita pelajari dan mudah-mudahan dengan adanya semu aartikel yang saling berkaitan tersebut sanggup lebihmenambah wawasan untuk kita semua terutama para Guru. Untuk sanggup lebih menunjukkan gambaran mengenai penyusunan RPP Kurikulum 2019 (Tematik) silahkan baca artikel berikutnya dengan judul Format RPP Kurikulum 2019 (Tematik).
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Kegiatan Pendahuluan
- Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan perihal bahan yang sudah dipelajari dan terkait dengan bahan yang akan dipelajari;
- Mengantarkan siswa kepada suatu permasalahan atau peran yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu bahan dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai;
- Menyampaikan garis besar cakupan bahan dan penjelasan perihal program yang akan dilakukan siswa untuk merampungkan permasalahan atau tugas.
Kegiatan Inti
Kegiatan inti dijabarkan lebih lanjut menjadi rincian dari kegiatan: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan termasuk di dalamnya program eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
1. Mengamati
Dalam program mengamati, guru memberi kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk membaca, mendengar, menyimak, melihat, merasa, meraba, dan membaui (tanpa atau dengan alat).
2. Menanya Dalam program menanya guru mendorong siswa untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, atau dibaca. Bagi siswa yang belum sanggup mengajukan pertanyaan guru membimbing biar siswa sanggup melakukannya secara mandiri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sanggup bersifat faktual, hipotetik yang terkait dengan hasil pengamatan terhadap objek konkrit hingga gila yang berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, dan generalisasi. Kegiatan mengajukan pertanyaan perlu dilakukan terus-menerus biar siswa terlatih dalam mengajukan pertanyaan sehingga rasa ingin tahu berkembang. Melalui program mengajukan pertanyaan siswa sanggup memperoleh informasi lebiih lanjut dari majemuk sumber, baik dari guru , anak maupun sumber lainnya.
- c.Mengumpulkan Informasi/eksperimen
- d.Mengasosiasi/menalar
- e.Mengomunikasikan
Kegiatan Penutup
Dalam program penutup, guru bersama siswa atau siswa sendiri:
- membuat rangkuman/simpulan hasil kegiatan,
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, agenda pengayaan, dan layanan konseling
- memberikan peran baik peran individual maupun kelompok
- menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Hal-hal lainnya yang diperhatikan dalam penyusunan RPP sebagai berikut.
1. Penjabaran Jenis Penilaian
Di dalam silabus telah ditentukan jenis penilaiannya. Penilaian pencapaian KD siswa dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penggunaan portofolio, penilaian diri, dan penilaian hasil karya berupa: peran proyek dan/atau produk.
Penilaian merupakan serangkaian program untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data perihal proses dan hasil berguru siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Guru melaksanakan penilaian pada setiap selesai pembelajaran. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut yang berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, agenda remedi bagi siswa yang pencapaian kompetensinya di bawah ketuntasan, dan agenda pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi ketuntasan.
2.Menentukan Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan. Oleh sebab ialah itu, alokasi tersebut dirinci dan diadaptasi lagi di RPP.
3.Menentukan Sumber Belajar
Sumber berguru ialah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk program pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Semua pembahasan mengenai Panduan Teknis Penyusunan RPP Kurikulum 2019 telah kita pelajari dan mudah-mudahan dengan adanya semu aartikel yang saling berkaitan tersebut sanggup lebihmenambah wawasan untuk kita semua terutama para Guru. Untuk sanggup lebih menunjukkan gambaran mengenai penyusunan RPP Kurikulum 2019 (Tematik) silahkan baca artikel berikutnya dengan judul Format RPP Kurikulum 2019 (Tematik).
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Penjelasan Program Pendahuluan, Inti, Penutup, Jenis Penilaian, Alokasiwaktu, Menentukan Sumber Berguru Pada Rpp Kurikulum 2019"